Tahapan Perancangan Sistem Informasi


Tahapan Tahapan Dalam Analisis Perancangan Sistem Informasi (SI) Adalah sesuatu hal yang sangat penting, karena dalam hal ini dapat mempengaruhi hasil dan kualitas serta kuantitas yang memenuhi standar sistem yang baik.

Pengertian Analis Sistem
Yang dimaksud Analisis Sistem adalah penguraian suatu sistem informasi yang sudah utuh kedalam bagian-bagian atau komponennya dengan tujuan untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi berbagai macam permasalahan yang terjadi pada sistem, sehingga nantinya dapat dilakukan perbaikan atau pengembangan terhadap sistem tersebut.

Peranan Analis Sistem
Analis sistem secara sistematis dapat menilai bagaimana fungsi bisnis dengan cara mengamati proses input dan pengolahan data serta proses output informasi untuk membantu peningkatan proses suatu organisasi. Dengan demikian, analis sistem mempunyai tiga peranan penting, yaitu :
  1. Sebagai konsultan
  2. Sebagai ahli pendukung
  3. Sebagai agen perubahan
Tugas Analis Sistem
Adapun tugas-tugas yang dilakukan oleh seorang analis sistem adalah :
  1. Mengumpulkan dan menganalisis semua dokumen, file, formulir yang digunakan pada sistem yang telah berjalan.
  2. Menyusun laporan dari sistem yang telah berjalan dan mengevaluasi kekurangan-kekurangan pada sistem tersebut dan melaporankan semua kekurangan tersebut kepada pemakai sistem.
  3. Merancang perbaikan pada sistem tersebut dan menyusun sistem baru.
  4. Menganalisis dan menyusun perkiraan biaya yang diperlukan untuk sistem yang baru dan memberikan argumen tentang keuntungan yang dapat diperoleh dari pemakian sistem yang baru tersebut.
  5. Mengawasi semua kegiatan terutama yang berkaitan dengan sistem yang baru tersebut.
Tujuan Analisis Sistem
  1. Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan.
  2. Membantu para pemngambil keputusan.
  3. Mengevaluasi sistem yang telah ada.
  4. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru.
  5. Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem
Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh Seorang Analisis Sistem
  1. Mempelajari permasalahan yang ada secara terinci.
  2. Menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam memecahkan masalah.
  3. Membuat suatu pertimbangan apakah perlu atau tidak menggunakan cara komputerisasi.
Tahapan-tahapan Dalam Analisa sistem
Tahap Analisa sistem merupakan kegiatan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan – permasalahan, kesempatan – kesempatan, hambatan – hambatan yang terjadi dan kebutuhan – kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikannya.
  1. Mengidentifikasi Masalah Identifikasi masalah merupakan langkah awal dari analisa sistem. Dalam tahap ini didefinisikan masalah yang harus dipecahkan dengan munculnya pertanyaan yang ingin dipecahkan.
  2. Memahami Kerja Sistem yang Ada Langkah ini dilakukan dengan mempelajari secara rinci bagaimana sistem yang sudah ada berjalan. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang dapat diperoleh dengan melakukan penelitian terhadap sitem.
  3. Menganalisis Sistem Berdasarkan data yang sudah diperoleh maka dilakukan analisa hasil penelitian yang sudah dilakukan untuk mendapatkan pemecahan masalah yang akan dipecahkan.
  4. Membuat Laporan Laporan perlu dibuat sebagai dokumentasi dari penelitian. Tujuan utamanya adalah sebagai bukti secara tertulis tentang hasil analisa yang sudah dilakukan.
Syarat-syarat Sistem Yang Baik
Sistem yang baik harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan masalah.
  2. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.
Adanya hubungan diantara elemen sistem.
Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih penting dari pada elemen sistem.
Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

No comments:

Post a Comment